Hampir beberapa kali harga tiket kereta api mengalami perubahan. Namun, tidak meyurutkan animo masyarakat untuk memakai jasa kereta api ini untuk bepergian baik jarak dekat maupun jarak jauh. Karena kenaikan harga tersebut relatif masih terjangkau. Dahulu kereta api menjadi favorit karena tiketnya yang murah. namun hal itu membuat pengguna kereta api menjadi sangat banyak yang akhirnya membuat penumpang berdesak-desakkan di dalam kereta.

Sekarang pelayanan kereta api sudah sangat dimaksimalkan untuk kenyamanan penumpang dalam perjalanannya. Karena harga tiket kereta api juga sudah dinaikan maka pelayanannya juga ditingkatkan seiring dengan biaya yang dikeluarkan. Pedagang asongan sekarang tidak diijinkan masuk ke dalam gerbong kereta. Penjual makanan pun juga hanya berasal dari pihak KAI sendiri. Itu untuk kereta kelas ekonomi ya. Karena memang dahulu kelas ekonomi terkenal dengan tiket yang murah namun desak-desakan dan bahkan masih dipenuhi dengan pedagang asongan yang lalu lalang menjajakan dagangannya. Sekarang semua penumpang akan mendapatkan nomor kursi disetiap tiket. Namun jika sudah penuh anda juga akan mendapat tiket berdiri yang artinya tanpa tempat duduk. Namun jangan khawatir, petugas yang ada di gerbong kereta akan mencarikan tempat kosong untuk anda sementara. Untuk membeli tiket kereta api lokal anda bisa memesan langsung di stasiun atau secara online. Begitu pula untuk kereta jarak jauh. Namun, jika anda tidak mau ribet anda bisa mengecek tiket kereta api di jadwaltiket.comĀ yang akan memudahkan anda memesan tiket kemanapun dan kapan pun dengan melihat jadwal keberangkatan dan harganya.

Penggunaan kereta api untuk bepergian memanglah cukup mudah dan memiliki kesan tersendiri. Karena dengan menggunakan kereta api kita akan disuguhkan pemandangan yang cukup beragam ketika berada dalam rute perjalanan kereta api ini. Mulai dari pegunungan, pemukiman, sawah dan sebagainya. Harga tiket kereta api pun relatif murah dibadingkan alat transportasi yang lain. Sehinga tak heran jika banyak orang yang rela mengantri dan berbondong-bondong membeli tiket kereta api untuk liburan atau perjalanan mereka.